Terdeteksi 3 Karhutla di Riau, 2 Lokasi Berhasil Dipadamkan

PEKANBARU - Tim gabungan terdiri dari TNI-Polri, BPBD dan masyarakat berhasil memadamkan dua lokasi yang terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kampar, Kamis (14/9/2023). Sementara satu lokasi Karhutla lagi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih dalam proses pemadaman. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Masih Edy Afrizal mengatakan, pada Kamis di Riau terdeteksi ada 23 hotspot atau titik panas. Namun dari 23 titik tersebut, yang terkonfirmasi firespot atau titik api Karhutla hanya tiga. 

"Karhutla per hari Kamis ada tiga lokasi, dua di Kampar dan satu di Inhu. Untuk di Kampar sudah berhasil dipadamkan, sementara di Inhu masih dalam proses," katanya. 

Dijelaskan M Edy, untuk dua lokasi Karhutla di Kampar selain dilakukan pemadaman oleh satgas darat, juga dilakukan water bombing menggunakan helikopter. 

"Untuk yang di Kampar begitu di lakukan water bombing langsung padam. Sementara di Inhu belum dilakukan water bombing," sebutnya. 

Disebutkan M Edy, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jumlah hotspot atau titik panas di Riau pada September ini memang jauh menurun. Meskipun demikian, masih ada beberapa hotspot yang terpantau di Riau. 

"Selama bulan September 2023 telah terjadi penurunan drastis dalam jumlah hotspot atau titik api di wilayah Riau," katanya. (Mediacenter Riau/Ms)

(Mediacenter Riau/ms)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.