BPBD Riau Kirim Surat Peringatan Ancaman Banjir dan Longsor 2023 ke Kabupaten/Kota

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengirim surat peringatan dini ancaman potensi banjir tahun 2023 ke kabupaten/kota.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M Edy Afrizal mengatakan, surat peringatan tersebut mengacu prakiraan daerah rawan banjir yang disampaikan BMKG dan wilayah potensi longsor.

Karena itu, lanjut Edy Afrizal, pihaknya meminta BPBD kabupaten/kota se-Riau untuk melakukan upaya pencegahan dalam meminimalisir dampak ancaman bencana banjir dan longsor, yang kemungkinan timbul di masing-masing kabupaten/kota.

"Kami sudah minta kabupaten kota untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, serta monitoring potensi ancaman bancana banjir dan longsor di wilayah masing-masing daerah," ujarnya, Jumat (27/1/2023).

Kemudian, pihaknya juga meminta kabupaten kota untuk menetapkan status bencana banjir jika diperlukan, dan mendirikan posko penanganan kalau terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Karena kita lihat saat ingin potensi hujan di wilayah Riau masih tinggi, sehing kabupaten kota perlu melakukan kewaspadaan dini terhadap ancaman bencana banjir dan longsor," tukasnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.