BPBD Riau Kerahkan 2 Unit Helikopter Atasi Karhutla di Rohul dan Rohil

PEKANBARU — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melaporkan terdapat 3 titik lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di 2 kabupaten di Riau hari ini, Selasa, 11 Oktober 2022.

Adapun lokasi kebakaran tersebut, yakni di Teluk Piai dan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dan Tambusai Timur, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). 

“yang terdeteksi ini memang spot-spot kecil ya,” kata Kepala BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal, Selasa,(11/10/2022) di Pekanbaru.

Untuk penanganan Karhutla ini, kata dia, sebanyak 2 unit helikopter sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan kegiatan water bombing. 

Dijelaskan, jika dilihat dari posisinya, lokasi kebakaran terjadi di tengah-tengah kawasan perbukitan, sehingga sulit jika diakses dengan jalur darat.

“Makanya kita turunkan helikopter untuk melakukan water bombing karena memang lokasinya agak sulit tempuh oleh tim kita di darat. Agak kesulitan, lokasinya juga di atas bukit,” jelasnya.

Selain itu, lokasi lahan yang terbakar juga jauh dari sumber air, sehingga upaya pemadaman api di lahan terbakar memang harus dilakukan melalui udara.

Edy juga menjelaskan, bahwa di sekeliling lahan yang terbakar ini terdapat perkebunan kelapa sawit masyarakat. Sejauh ini, dia belum bisa memastikan luasan lahan yang terbakar, karena petugas masih berjibaku melakukan pemadaman api.

“Areanya non konsesi ya, di sekeliling ada kebun sawit masyarakat. Nanti kalau sudah selesai semua, akan diukur, baru ketahuan berapa hektare luasan lahan yang terbakar,” sebutnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.