SELAMAT DATANG KABAN BNPB REPUBLIK INDONESIA DI BUMI LANCANG KUNING


Pekanbaru, BPBD Provinsi Riau – usai di lantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada tanggal 9 januari 2019, Kepala BNPB Letjend. TNI Doni Monardo langsung menjalankan tugasnya untuk berkoordinasi dengan seluruh BPBD di seluruh Indonesia. Usai kunjungannya ke BPBD Provinsi Sumatera Barat, pada hari kamis tanggal 7 februari 2019 Kepala BNPB Letjend. TNI. Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke BPBD Provinsi Riau bersama jajarannya. Kepala BNPB disambut langsung di Bandara Sultan Syarif Kasim 2 Pekanbaru oleh kalaksa BPBD Provinsi Riau H. Edwar Sanger, SH., M.Si beserta jajarannya. Setelah di sambut dengan tari selamat datang Kepala BNPB melanjutkan kunjungannya ke kantor BPBD Provinsi Riau.

Dalam kunjungannya tersebut dilaksanakan apel pengarahan Kepala BNPB kepada jajaran BPBD se- Provinsi Riau, kunjungan dimaksudkan untuk memberikan arahan tentang antisipasi bencana yang ada di Provinsi Riau khususnya kebakaran hutan dan lahan yang dapat mengakibatkan timbulnya bencana asap. Dalam arahannya Kepala BNPB menghimbau untuk selalu meningkatkan kemampuan personil BPBD agar lebih tanggap, tangkas dan tangguh dalam menanggulangi bencana. Kejadian bencana yang terjadi adalah akibat campur tangan manusia yang kurang menjaga alam, sehingga timbul dampak yang berupa bencana yang mengakibatkan kerugian fisik dan mental. Pesan Kepala BNPB, kita wajib menjaga alam agar alam menjaga kita, dimana hal ini sesuai dengan tagline BNPB yaitu “kita jaga alam, alam jaga kita”.

Dalam kunjungan ke kantor BPBD Provinsi Riau, Kepala BNPB juga mengapresiasi kinerja BPBD Provinsi Riau dan BPBD kabupaten/kota selama 3 tahun terakhir karena berhasil menjaga Provinsi Riau untuk bebas dari bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Dalam arahan nya Kepala BNPB mengamanatkan bahwa lebih baik mencegah daripada menangani bencana, karena biaya mencegah lebih efisien dibandingkan dengan biaya untuk menanggulangi. Harapannya kedepan upaya pencegahan lebih diutamakan sebelum dampak bencana yang di timbulkan akan menjadi lebih besar, dan prestasi BPBD Provinsi dan kabupaten/kota se- Provinsi Riau dapat dipertahankan untuk melindungi masyarakat Riau dari bencana asap.

Selain menyerahkan bantuan berupa mobil komando kepada BPBD Provinsi Riau Kepala BNPB juga memberikan bantuan peralatan untuk menangani bencana karhutla di Provinsi Riau. Dalam puncak acara di kantor BPBD Provinsi Riau, Kepala BNPB berkesempatan menanam pohon di halaman kantor BPBD Provinsi Riau.

Selanjutnya pada malam harinya Kaban BNPB beserta rombongan disambut oleh Gubernur Riau H. Wan Thamrin Hasyim di balai serindit gedung daerah Provinsi Riau. Suasana keakraban tampak dalam acara yang di taja oleh Pemprov Riau dalam penyambutan kaban BNPB di Provinsi Riau, Gubernur Riau, sekda Provinsi Riau serta unsur muspida  dan seluruh dandim, kapolda serta Kepala pelaksana BPBD se- Riau hadir mengikuti acara tersebut.

Selamat datang pak KABAN  di bumi lancang kuning..

“kita jaga alam, Alam jaga kita”

Salam Tangguh!!!