Dukung Kelancaran Asian Games, BPBD Riau Upayakan Riau Nihil Karhutla


BPBD-Tanggal 18 Agustus mendatang, Indonesia akan menggelar Asian Games 2018 di dua kota, yakni di Jakarta dan Palembang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menyukseskan iven internasional ituDi Provinsi Riau, pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, akan berupaya untuk melakukan pemadaman hutan dan lahan yang terbakar agar Asian Games tidak terganggu karena adanya kabut asal.

Apalagi, Palembang menjadi salah satu lokasi iven itu dan menjadi lokasi terdekat dari Riau yang bisa terpapar kabut asap jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger menjelaskan, pihaknya bersama tim Satgas Karhutla, selalu berupaya untuk  mengantisipasi karhutla dengan berbagai cara.

"Salah satunya caranya adalah kita terus melakukan patroli dari udara. Sehingga kita bisa melihat kondisi lahan terbakar dan wilayah yang tidak bisa dijangkau memalui jalur darat," kata dia, Kamis, 2 Agustus 2018.

Edwar melanjutkan, dikarenakan hujan yang mengguyur Riau belakangan ini, saat ini titik api di Riau menjadi nihil.

"Tak hanya selama pelaksanaan Asian Games saja kita antisipasi karhutla, tapi untuj Riau juga. Sampai kapanpun kita dan tim lainnya terus berupaya menihilkan kondisi Riau tanpa kabut asap," tegas Edwar.

Sumber : Riau24.com