Beri Pembekalan, BNPB Pusat Sebut Utamakan Pencegahan Hadapi Karhutla


PEKANBARU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat beri pembekalan kesiapan menghadapi bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau menghadapi cuaca panas ekstrim yang diperkirakan Juli sampai Oktober nanti.

Arahan diberikan oleh Staf Ahli BNPB Mayjen TNI (Pur) Komaruddin, di Hotel Grand Zuri, Kamis (20/6/19). Ada pun poin penting dari pembekalan ini adalah pola pencegahan lebih diutamakan sebelum opsi penanggulangan Karhutla.

"Poin penting dari pertemuan ini adalah pola baru. Dimana peran ...

Selengkapnya »

SELAMAT DATANG KABAN BNPB REPUBLIK INDONESIA DI BUMI LANCANG KUNING


Pekanbaru, BPBD Provinsi Riau – usai di lantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada tanggal 9 januari 2019, Kepala BNPB Letjend. TNI Doni Monardo langsung menjalankan tugasnya untuk berkoordinasi dengan seluruh BPBD di seluruh Indonesia. Usai kunjungannya ke BPBD Provinsi Sumatera Barat, pada hari kamis tanggal 7 februari 2019 Kepala BNPB Letjend. TNI. Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke BPBD Provinsi Riau bersama jajarannya. Kepala BNPB disambut langsung di Bandara Sultan Syarif Kasim 2 Pekanbaru oleh kalaksa BPBD Provinsi Riau H. Edwar Sanger, SH., M.Si beserta ...

Selengkapnya »

3 Heli Tembakkan Bom Air ke Lahan Terbakar Riau


Pekanbaru - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau saat ini mengerahkan 3 heli untuk melakukan pendinginan di lahan sisa kebakaran. Satu orang warga kembali ditangkap terkait pembakaran lahan di Dumai.

"Hari ini ada 3 heli kita kerahkan untuk melakukan pendinginan di lokasi yang bekas terbakar. Heli kita arahkan ke Dumai dan Kandis di Siak," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Jumat (24/8/2018).
Edwar menjelaskan, dari pantauan udara di dua lokasi bekas kebakaran itu masih menimbulkan ...

Selengkapnya »

Dukung Kelancaran Asian Games, BPBD Riau Upayakan Riau Nihil Karhutla


BPBD-Tanggal 18 Agustus mendatang, Indonesia akan menggelar Asian Games 2018 di dua kota, yakni di Jakarta dan Palembang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menyukseskan iven internasional ituDi Provinsi Riau, pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, akan berupaya untuk melakukan pemadaman hutan dan lahan yang terbakar agar Asian Games tidak terganggu karena adanya kabut asal.

Apalagi, Palembang menjadi salah satu lokasi iven itu dan menjadi lokasi terdekat dari Riau yang bisa terpapar kabut ...

Selengkapnya »

Istana Apresiasi Pola Penanganan Karhutla Riau


PEKANBARU- Pola penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Riau diapresiasi pihak istana melalui Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Rabu (25/7). Disampaikannya langsung dalam pertemuan yang dihadiri beberapa provinsi rawan karhutla di Tanah Air. Momentum ini juga ditegaskan Gubri H Arsyadjuliandi Rachman yang hadir dalam pertemuan dengan mengajak seluruh pihak di Riau agar tetap serius mempertahankan Riau bebas asap tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Hal itu terungkap dalam pertemuan yang digelar Kepala Staf ...

Selengkapnya »

ASEAN Apresiasi Sukses Indonesia Cegah Karhutla


Jakarta -- Indonesia mendapat apresiasi atas keberhasilannya dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Indonesia dinilai berhasil dalam pencegahan, peningkatan kesiapan, dan mitigasi karhutla yang tercermin dari turunnya jumlah hotspot sejak 2016. Hal ini merupakan hasil upaya bersama, sesuai arahan khusus Presiden Joko Widodo dalam forum rapat koordinasi pencegahan karhutla yang setiap tahun digelar.

Apresiasi tersebut disampaikan negara-negara peserta pertemuan Technical Working Group (TWG) on ...

Selengkapnya »

Besok Plt Gubri Umumkan Perpanjangan Status Siaga Darurat Karhutla


PEKANBARU - Besok Pemerintah Provinsi Riau perpanjang status siaga darurat bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2018. 

Pengumuman perpanjangan status siaga darurat Karhutla tersebut akan langsung disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, di auditorium lantai sembilan Gedung Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau. 

"Besok, pak Plt Gubernur memimpin rapat sekaligus pengumuman perpanjangan status siaga darurat bencana Karhutla," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ...

Selengkapnya »

Jelang Perpanjangan Status, Satgas Karhutla Riau Gelar Rapat Evaluasi


Pekanbaru- Hari ini, satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau gelar rapat evaluasi, atas capaian kinerja baik yang telah dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan.

Tidak itu saja, langkah ke depan juga untuk menekan bahkan hingga zero spot titik api juga dibahas, demi Riau bebas asap.

“Hari ini kita melaksanakan rapat evaluasi dulu. Diantaranya berbicara pencegahan, penanggulangan ...

Selengkapnya »

Latihan Posko I Kodim 0320/Dumai, Mantapkan Kemampuan Personel Dalam Penanggulangan Bencana


BPBD-DUMAI.Kodim 0320/Dumai menggelar latihan Posko I “Wira Bima Tanggap XXXIII” TA. 2018 sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan Prajurit dalam penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Makodim 0320/Dumai Selasa, 22/5/2018.

“Latihan  satuan dengan metoda latihan posko I merupakan latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih para Komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan olah yudha, kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang ...

Selengkapnya »

Bupati Kampar Bersama BNPB Propinsi Patroli Karlahut


BPBD RIAU– Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM bersama Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau H.Edwar Sangar, SH , M.Si melakukan patroli Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di beberapa titik rawan kebakaran di wilayah Kabupaten Kampar guna melakukan pencegahan kebakaran hutan agar tidak terjadi lagi di Kabupaten Kampar.

Begitu dikatakan Bupati Kampar, Azis Zaenal beberapa saat sebelum melakukan take off di Lanud Roesmin Nurjadin , Senin (23/4)

Ditambahkan Azis, Patroli ...

Selengkapnya »

Akhir April Kemarau, Satgas Karhutla Riau Siapkan 4 Helikopter


BPBD - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan, pihaknya tengah bersiap menyambut musim kemarau yang diprediksi akan melanda pada akhir bulan April 2018.

"Kita Sudah bersiap-siap sesuai dengan prediksi BMKG (Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika) nanti sekitar bulan Mei atau akhir April sudah memasuki musim kemarau," kata Edward kepada RiauBook.com, Selasa (27/3/2018) di Kantor Gubernur Riau.

Saat ini, BPBD tengah menyiapkan empat unit ...

Selengkapnya »

Helikopter Bell 412 Milik Kemen LHK Sudah Tiba, Kamov Sedang Dirakit di Perawang


BPBD- Helikopter Bell 412 milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) baru saja tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Heli ini nantinya akan bergabung dengan tim Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Satgas Karlahut) di Riau. 

Sebelumnya, satu heli jenis Bell 430 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terlebih dahulu sudah datang dan telah mulai dioperasikan Tim Satgas Katlahut. Bedanya, jika Bell 430 diperuntukan hanya untuk patroli, sementara Bell 412 untuk water boombing namun bisa juga kebutuhan patroli. 

 Baru saja ...

Selengkapnya »

Riau Bebas Asap 2018, Ini Dia Komentar Edwar Sanger


Pekanbaru - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Edwar Sanger menargetkan tahun 2018, Riau bebas asap. Untuk itu, segala peralatan dan kebutuhan satuan petugas kebakaran hutan dan lahan (Karlahutla) siap dioptimalkan, Rabu (28/2/2018).

“Kami untuk ditahun 2018 anggaran untuk semuanya itu mengeluarkan dana sebesar 2,4 Miliar. Untuk operasi siaga darurat ini, peralatan dan pelatihan. Dan kita juga mengoptimalkan itu”, ungkapnya saat ditemui ...

Selengkapnya »

BPBD Riau Raih Penghargaan Terbaik Wilayah III Penanggulangan Karhutla di Indonesia


BALI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menerima anugerah terbaik III untuk wilayah III dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. Penganugerahan berlangsung di Denpasar, Bali, Kamis (22/2) malam oleh Presiden Jokowi.

"Syukur Alhamdulillah berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama kawan-kawan dari BPBD Kabupaten/kota se-Riau. Penghargaan ini untuk kita semua demi Riau bebas asap. Salam tangguh," ungkap Kalaksa BPBD Riau Edward Sanger, Kamis (22/2) malam ...

Selengkapnya »

RIAU RAIH PENGHARGAAN BEBAS KARHUTLA


Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman bersama Kepala Pelaksana Bpbd Riau Edwar Sanger dan  Tim Satgas Karhutla menghadiri rapat koordinasi dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara,Jakarta ,senin(6/2).

Keberhasilan provinsi Riau dalam menanggulangi bencana karhutla pada tahun 2017 berbuah penghargaan Ke-2 kalinya yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).Piagam penghargaan langsung diberikan oleh kepala BNPB William Rampingilei kepada Gubernur Riau.Yang di wakili kepala Badan Penanggulangan ...

Selengkapnya »

JOKOWI ANCAM COPOT PEJABAT BERWENANG DI DAERAH KARHUTLA


Di hadiri oleh Sekda,Kalaksa Bpbd dan Kesbangpol se Indonesia di Jakarta,dalam acara tersebut Kalaksa mewakili Gubernur Riau.acara di buka secara resmi oleh Menkopolhukam RI dan hadir memberikan paparan dalam acara tersebut, Panglima TNI, Kapolri Menkeu RI,Kepala BNPB Pusat,;Kepala BNPT dan Mendagri acara berlangsung di ball room bidakara Jakarta.

Meski saat ini tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan(karhutla),Presiden Joko Widodo tetap mengingatkan aparat daerah untuk waspada.Kepala Negara kembali menlontarkan ancaman.ia ...

Selengkapnya »

Rombongan DELRI Espose di NSW Rural Fire Service Headquarters


Canbera - Hari ini, Pukul 2 (siang) waktu setempat, delegasi RI (DELRI) bertolak dari Canbera ke Sydney. Rombongan DELRI langsung dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) Willem Rampangiley.

Perjalanan dari Canbera ke negara berjuluk "The Harbour City" (kota dermaga) memakan waktu 40 menit penerbangan dan lebih kurang 3.5 jam lewat darat.

Adapun kegiatan delegasi RI dihari ketiga yakni Espose di NSW Rural Fire Service Headquarters Sydney ...

Selengkapnya »

Edwar Sanger: Semoga Ilmu yang Kami Dapat akan Bisa Kami Terapkan


Sydney - Banyak pelajaran dan ilmu yang dipetik oleh rombongan Delegasi RI (DELERI)  saat mengunjungi tiga lokasi di Sydney, Australia.

Tiga lokasi yang dikunjungi itu masing-masing Emergency Management Australia (EMA), Department Foreign Affairs and Trade (DFAT) dan New South Wales Fire Services (NSWFS).

Pelajaran yang dipetik oleh rombongan DELERI yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Willem Rampangilei itu, ...

Selengkapnya »

Edwar Sanger: Dubes Sangat Apresiasi Keberhasilan Riau Tanggulangi Karhutla


Sydney  - Rombongan Delegasi RI (DELRI) bertolak ke Sydney, Australia, Sabtu (20/01/2018) sore guna berbagi pengalaman dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Setibanya di Canbera, rombongan Delegasi BNPB Indonesia diterima secara resmi oleh Dubes RI di Canbera Chiristiarto Legowo di Wisma Indonesia di Canbera. 

Rombongan DELRI dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Willem Rampangilei.

Selengkapnya »

Sosok Dibalik Lepasnya Belenggu Kabut Asap Riau


Pekanbaru, - 2017 ini merupakan tahun ke dua provinsi Riau bebas dari bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Bagi masyarakat Riau, pencapaian itu merupakan prestasi setelah sebelumnya dibelenggu bencana asap selama 18 tahun terakhir.

Keberhasilan itu tidak lepas dari sinergi, koordinasi dan kerja keras seluruh pihak yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan bencana kabut asap akibat Karhutla. Mereka terdiri dari TNI, Polri, instansi terkait di pemerintah daerah maupun pusat, BMKG hingga ...

Selengkapnya »

Ratusan Pemuda Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana


PEKANBARU, - Yayasan Tunas Inspira Madani menggelar Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana bagi sekitar 100 orang pemuda dari perwakilan lintas organisasi kepemudaan di Riau, selama tiga hari yaitu 5-7 September 2017 di Hotel Pesonna Pekanbaru.

Ketua Panitia Pelatihan, Fahrur Rozi mengungkapkan, pada hari pertama pelatihan peserta diberi materi mengenai sikap menghadapi bencana. Lalu pada hari kedua, peserta mendapat materi outdoor berupa outbond yang berlangsung di Hutan Kota Pekanbaru.

"Pelatihan outbond ini untuk melatih ...

Selengkapnya »

Kunjungan Karo Ops Polda Riau Kombes Pol. Abdul Hafiz bersama AKBP. M.Harahap ke Kantor BPBD Provinsi Riau


Pekanbaru - Dalam rangka pindah tugas ke Mabes Polri, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol. Abdul Hafiz bersama AKBP. M.Harahap Melakukan kunjungan ke kantor BPBD Provinsi Riau (Jumat, 22/09/2017) dan disambut langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau H. Edwar Sanger, SH., M.Si.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau H. Edwar Sanger, SH., M.Si. Mengucapkan Terima Kasih atas jalinan kerjasamannya yang sangat baik selama ini demi ...

Selengkapnya »

Pulang Haji, Kalaksa BPBD Provinsi Riau H. Edwar Sanger, SH., M.Si. Langsung Tugas


PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, H Edwar Sanger, yang belum lama ini pulang dari menunaikan ibadah hajinya ke tanah suci Mekkah, tiba di Tanah Air langsung melaksanakan tugasnya seperti biasa. Baginya, tugas itu merupakan amanah yang harus dikerjakan.

"Alhamdulillah sudah tiba di tanah air, langsung action untuk tugas-tugas Karhutla demi Riau Bebas dari Asap," kata H Edwar Sanger kepada riausatu.com, Selasa (19/9/2017) melalui pesan Whatsapp.

H Edwar mengatakan ...

Selengkapnya »

Pelatihan Relawan BPBD Provinsi Riau Tahun 2017


PEKANBARU - Dalam rangka meningkatkan kapasitas/kemampuan relawan khususnya dalam hal kepedulian terhadap kearifan lokal maka BPBD Provinsi Riau mengadakan acara Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Kearifan Lokal  yang mengusung tema "Membudayakan Kearifan lokal dalam Pengurangan Risiko Bencana". Pada acara tersebut dihadiri sebanyak 48 Peserta yang terdiri dari peserta Lembaga Adat Melayu (LAM) Se-Provinsi Riau, Senkom Mitra POLRI Se- Provinsi Riau, dan Ormas Kemahasiswaan dari beberapa Perguruan Tinggi di Riau.

Selengkapnya »

Paparan Pengurangan Risiko Bencana Oleh Kasubbid Kesiapsiagaan (Naspi Yendri, SE, M.Si)


BENGKALIS - Dalam rangka rapat koordinasi Penanggulangan Bencana Kabupaten Bengkalis yang mengambil tema "Wujudkan Kesiapsiagaan, Ketangguhan Pemerintah dan Masyarakat dalam Bingkai Kebersamaan Menghadapi Bencana". Acara tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan Kabupaten Bengkalis (Umi Kalsum), dan juga dihadiri oleh beberapa Pejabat OPD terkait Se-Kabupaten Bengkalis.

“Melalui rakor ini, diharapkan dapat terwujud perencanaan yang matang di bidang penanggulangan bencana serta ...

Selengkapnya »

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Provinsi Riau Tahun 2017


PEKANBARU - Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya, dimana untuk Tahun 2017 mengambil tagline "Siap, Untuk Selamat". Tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau akan memusatkan acara HKBN di halaman kantor Gubernur Riau dengan melaksanakan simulasi penyelamatan kebakaran gedung 9 lantai atau lebih dikenal dengan Gedung Menara Lancang Kuning. Pelaksanaan dibuka oleh Kepala BPBD Provinsi Riau didampingi perwakilan OPD ...

Selengkapnya »

Penyampaian Materi Oleh Kasubbag Penyelamatan dan Evakuasi (Abdul Razak, SH, M.IP)


Penyampaian Materi Oleh Kasubbag Penyelamatan dan Evakuasi (Abdul Razak, SH, ...

Selengkapnya »

Diklat Penggunaan Peralatan Penanggulangan Bencana Di Hotel Alpha Tahun 2017


Diklat Penggunaan Peralatan Penanggulangan Bencana di Hotel Alpha di laksanakan pada tanggal 18 Juli ...

Selengkapnya »