Webinar Core Values BerAKHLAK, Gubri: Langkah Konkret Penguatan Budaya Kerja ASN

PEKANBARU – Kalaksa BPBD Riau M.Edy Afrizal, SE.,MH mengikuti acara Penyerahan Piagam Penghargaan dan Pengembangan Kompetensi ASN dan WEbinar BerAKHLAK seacara Zoom Meeting di Ruang Sutopo BPBD Provinsi Riau. Rabu (08 Juni 2022)

Dalam kesempatan ini Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambut baik diselenggarakannya webinar core values BerAKHLAK dan employer branding ASN bangga melayani bangsa yang ditaja oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui BPSDM Riau.

Webinar tersebut dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan terhadap perangkat daerah terbaik dalam implementasikan pengembangan kompetensi 20 jam pelajaran per tahun bagi ASN,di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (8/6/2022).

Gubri Syamsuar menjelaskan, hal ini sangat berhubungan dengan posisi BPSDM sebagai perangkat daerah yang memiliki peran dan tanggung jawab membantu pimpinan membangun karakter sumber daya manusia aparat, sebagai aparatur paripurna dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Menurut orang nomor satu di Riau ini, webinar core values BerAKHLAK dan employer branding ASN sebagai langkah konkret pemerintah dalam penguatan budaya kerja ASN menuju pemerintah berkelas dunia atau yang disebut dengan World Class Government.

"Ini mencermati arahan RI pada tanggal 27 Juli 2021 lalu pada saat meluncurkan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN yang ditindaklanjuti dengan surat edaran Menpan RB," ucapnya.

Gubri mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI dan surat edaran dari MenpanRB, maka jajaran pemerintah daerah wajib untuk melakukan internalisasi dan implementasi kepada seluruh jajaran aparatur di lingkungan pemerintah daerah baik provinsi maupun juga kabupaten kota se Riau.

Ia mengingatkan, bahwa dalam mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, maka peran pemerintah daerah sebagai bagian tidak terpisahkan dalam tatanan pemerintahan memiliki peran strategis. 

Sehingga jajaran pemerintah daerah wajib untuk melaksanakan internalisasi dan implementasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum dalam surat edaran MenpanRB nomor 20 tahun 2021.

Datuk Seri Setia Amanah ini menambahkan, core values BerAKHLAK dan employer branding ASN adalah membentuk karakter ASN, sehingga menunjukkan profesionalisme sebagai ASN paripurna yang memahami dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang ramah dan cekatan sebagai bentuk dari pelayanan prima.

"Tuntutan yang tidak kalah penting dalam mewujudkan jati diri ASN paripurna juga menuntut ASN memiliki integritas tinggi dalam pelaksanaan tugas sebagai abdi masyarakat yang senantiasa melakukan perbaikan tiada henti," ungkapnya.

Mantan Bupati Siak ini menambahkan, dalam meningkatkan kompetensi untuk mampu menghadapi tantangan dan perubahan yang sangat dinamis di era revolusi industri 4.0, maka saat ini dan ke depan akan dihadapkan dengan dinamika global.

"Tuntutan integritas tinggi seorang ASN juga harus memiliki sikap menghargai sesama, serta membangun lingkungan kerja yang kondusif untuk meningkatkan pemanfaatan seluruh sumber daya dengan berlandaskan kepada ideologi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada Negara Kesatuan Indonesia serta pemerintahan yang sah," tuturnya.

Untuk diketahui, core values BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN yang melayani sepenuh hati.

(Mediacenter Riau/ip)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.