Pelaksanaan Vaksinasi Dosis Kedua Di Daerah Masih Ada Yang Dibawah 50 Persen

PEKANBARU - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartanto menyampaikan berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di daerah masih ada yang dibawah 50 persen sehingga perlunya dilakukan akselerasi vaksinasi ini.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi terkait pembahasan perkembangan kasus COVID-19 dan evaluasi PPKM di luar Jawa-Bali secara virtual, yang diikuti daerah di Indonesia secara virtual, dari Provinsi Riau dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, di Gedung Daerah Balai Serindit, Ahad (20/2/2022)

"Arahan dari Presiden Republik Indonesia kiranya capaian vaksinasi dosis kedua ini perlu diakselerasikan juga terutama untuk pelaksanaan vaksinasi booster juga bisa dilaksanakan," kata Menko Perekonomian ini.

Menko Perekonomian menyebutkan untuk update capaian vaksinasi COVID 19, pada capaian vaksinasi dosis pertama masih terdapat tiga provinsi dengan capaian dibawah 70 persen. Sedangkan vaksinasi dosis kedua masih terdapat 9 provinsi dengan capaian di bawah 50 persen.

"Hal inilah kiranya untuk dapat dilakukan percepatan daerah yang capaian vaksinasi masih rendah," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menuturkan dengan kasus COVID 19 di beberapa daerah yang masih mengalami peningkatan untuk mempersiapkan terkait penggunaan isolasi mandiri terpusat.

Selanjutnya, untuk kesediaan oksigen terutama daerah yang kasus COVID 19 nya masih bergerak naik, kiranya juga perlu untuk menjadi perhatian dan dipersiapkan sebagai upaya jika terjadi lonjakan kasus COVID 19 ini.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan terkait vaksinasi dosis kedua ini. Dijelaskannya, untuk percepatan cakupan vaksin dosis kedua perlu dikejar sebagai indikator PPKM di daerah. Menurutnya, berdasarkan dari Kemenkes RI baru dua provinsi yang mencapai di atas 70 persen untuk dosis kedua.

"Dan satu provinsi yang mencapai di atas 60 persen dosis kedua bagi lansia yaitu kepulauan Riau," 

Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa Provinsi Riau untuk capaian vaksinasinya, pada dosis pertama telah mencapai 91,50 persen. Untuk capaian vaksinasi dosis kedua yaitu 64,29 persen. Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua bagia lansia 45,44 persen.

(Mediacenter Riau/dw)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.