Pekan Ini, Bantuan Pesawat TMC dari BRIN Tiba di Riau.

PEKANBARU - Pesawat Casa untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bantuan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pekan ini sampai di Provinsi Riau.

Bantuan pesawat TMC atau hujan buatan tersebut dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten/kota se-Riau tahun 2022.

"Tadi Danlanud sudah menyampaikan, bahwa dalam waktu tidak lama, pesawat Casa bantuan BRIN untuk TMC sudah sampai sini," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usia rapat koordinasi bersama bupati/walikota dan Forkompinda dalam pengendalian Karhutla Riau, Senin (11/4/2022) di Gedung Daerah Riau.

"Termasuk berkaitan dengan serbuk TMC dari BRIN, Alhamdulillah itu sudah tiba di Riau kemarin tanggal 10 Maret 2022," sambung mantan Bupati Siak dua periode ini.

Selain itu, Gubri mengatakan, Provinsi Riau juga sudah mengusulkan bantuan helikopter water boombing ke Pemerintah Pusat.

"Kemudian helikopter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga dalam waktu dekat sudah sampai di Riau," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, diperkirakan bantuan pesawat TMC dari BRIN tiba di Riau hari Rabu atau Kamis pekan ini.

Sedangkan untuk kedatangab bantuan helikopter dari BNPB dan KLHK untuk water boombing dan patroli pihaknya belum bisa memastikan.

"Pesawat TMC kemungkinan hari Rabu atau Kamis ini datang. Tapi untuk bantuan helikopter dari BNPB dan KLHK belum, karena masih diproses usulan kita," katanya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.