Kebakaran Lahan di Tiga Daerah, BPBD Riau Kerahkan Helikopter Water Boombing

PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau darat dan udara saat ini tengah berjibaku melakukan pemadaman kebakaran di sejumlah wilayah Riau. 
Terpantau hari ini terdapat 94 titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau, tersebar di enam kabupaten/kota, yakni Kampar 2 titik, Kota Dumai 3 titik Kuantan Singingi, dan Siak masing-masing 1 titik. Sedangkan di Rokan Hilir mencapai 68 titik, serta Rokan Hulu 19 titik.
Namun, untuk titik api (Fire Spot) hari ini terpantau di tiga kabupaten/kota yakni, Rokan Hilir 4 titik api, Rokan Hulu 2 titik dan Dumai 1 titik.
"Iya hari ini terpantau banyak titik panas di Riau, tapi yang titik api (Fire Spot), ada di tiga daerah, Rokan Hilir, Rokan Hulu, dan Dumai," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Senin (11/7/2022). 
Edy Afrizal mengatakan, dari tiga daerah yang terjadi kebakaran, namun paling banyak kebakaran terjadi di Rokan Hilir terdapat dibeberapa wilayah setempat, dan pihaknya telah mengerahkan helikopter water boombing ke Rokan Hilir. 
"Hari ini kita sudah turunkan satu helikopter water boombing ke Rokan Hilir untuk mengatasi kebakaran di sana. Sedangkan di kebakaran di Rokan Hulu siang ini kita turunkan helikopter ke sana. Sebab saat ini helikopter water boombing yang satu lagi sedang perbaikan baket. Untuk kebakaran di Dumai sudah padam, tinggal pendinginan," terangnya. 
Berikut sebaran titik api di tiga kabupaten dan kota: 
Lokasi kebakaran di Kabupaten Rokan Hilir  di Desa Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko, Desa Teluk Nilai, Kecamatan Kubu, Desa Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimbo Melintang, dan Desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi.
Lalu, di Kabupaten Rokan Hulu di Desa Sialang Jaya dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah. Kemudian Kota Dumai di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.