Guyuran Hujan Beberapa Hari Ini Bantu Penanganan Karhutla Riau

PEKANBARU - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, bahwa hari ini, Rabu (27/7/2022), Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau nihil.

Meski demikian, Edy menegaskan bahwa pihaknya beserta tim siap sedia untuk memantau Karhutla dan memadamkannya jika terjadi.

Selain itu, Edy mengakui, bahwa dengan guyuran hujan beberapa hari terakhir yang cukup merata di Riau, membantu dalam pencegahan dam penanganan Karhutla di Riau.

"Alhamdulillah (guyuran hujan) sangat membantu," kata Edy.

Edy menjelaskan, bahwa pihaknya tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan, karena akan berakibat fatal jika api tersebut besar.

"Lagi - lagi kita ingatkan. Api kecil jadi kawan, api besar jadi lawan, maka jangan bermain - main dengan api," imbau Edy.

Untuk diketahui, beberapa hari terakhir, di Riau dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup sering, dengan intensitas sedang hingga besar. Bahkan di Pekanbaru sendiri, terjadi beberapa kejadian banjir saat hujan melanda.

Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya, mengirimkan dua unit helikopter water bombing (WB) ke Riau. Kedua heli dikirim untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Setelah menerima bantuan dua unit, BPBD saat ini ada empat heli WB untuk pemadaman karhutla di Bumi Lancang Kuning. Di mana kedua heli sebelumnya dikirim untuk penanganan dini.
Selain empat heli WB, ada juga dua unit pesawat jenis casa untuk patroli. Kedua pesawat siaga di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru sambil memantau titik api.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.