Cuaca Ekstrem, BPBD Riau Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

PEKANBARU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edy Afrizal ‎mengungkapkan, saat ini cuaca ektrem sedang melanda sejumlah wilayah di Riau. 

Selain bencana banjir yang terjadi di Inhu dan longso di Inhil, sejumlah wilayah di Riau juga dilanda angin puting beliung. 

Seperti yang terjadi di Pekanbaru, Kamis (3/3/2022) dini hari kemarin. Sejumlah atap bangunan dan kubah masjid di Riau terbang disapu angin puting beliung.

"‎Angin puting beliung ini memang tidak bisa kita prediksi, karena ini terpengaruh dengan kondisi cuaca," kata Edy, Jumat (4/3/2022). 

Untuk itu pihaknya meminta kepada personil BPBD Kabupaten kota yang ada di Riau agar siap siaga. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayahnya masing-masing petugas bisa langsung diturunkan ke lokasi untuk membantu warga yang terdampak bencana alam.

"‎Kita dari provinsi siap membantu jika memang tidak tertangani lagi oleh kawan-kawan di kabupaten kota, karena kalau mengandalkan provinsi semua kan tidak bisa akan bisa tercover,  karena wilayahnya luas, tapi untuk bantuan yang bersifat logistik itu tidak ada masalah, karena sudah kita standbykan di kabupaten kota," katanya. 

Selain itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana, baik longsong, banjir maupun angin puting beliung agar meningkatkan kewaspadaan. Sebab ditengah cuaca yang tidak menentu saat ini bencana alam bisa terjadi kapan saja.

"‎Iya, karena cuaca tidak menentu, maka masyarakat kita imbau agar bisa meningkatkan kewaspadaan, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah rawan bencana," katanya.

 

(Mediacenter Riau/sa)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.