BPBD Riau Siap Bantu Banjir Rob di Dumai

PEKANBARU -Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edy Afrizal mengatakan pihaknya siap memberikan bantuan terkait hal-hal yang dibutuhkan petugas di lapangan dalam rangka menanggulangi persoalan banjir rob yang kini terjadi di Dumai.

Hal ini ditegaskan Edy Afrizal saat ditemui di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Senin (12/9/2022).

“Kalau memang mereka membutuhkan bantuan dari provinsi kami siap bantu,” katanya.

Dia menyebut, sejauh ini memang belum ada laporan yang masuk ke BPBD Provinsi Riau terkait bencana tersebut.

“Belum ada laporan masuk ke kita. Biasanya kalau tak ada laporan seperti ini, maka sudah bisa ditangani oleh BPBD setempat (Dumai),” katanya.

Dia menambahkan, jika penanganan bencana bisa ditanggulangi oleh BPBD setempat, dalam ketentuannya memang tidak perlu dilaporkan ke Provinsi Riau. Kecuali jika upaya penanganan bencana tersebut mengalami kendala dan membutuhkan bantuan, maka mereka boleh melaporkan dan mengajukan bantuan ke provinsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Dumai sudah mulai mewanti-wanti potensi akan terjadinya banjir rob. Hal ini seiring dengan meningkatnya ketinggian air laut karena pasang, menjelang akhir tahun. Warga setempat menyebutnya pasang keling.

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai juga sudah mengeluarkan peringatkan kepada warga untuk hati-hati, mengingat pasang keling sudah melanda sejumlah ruas jalan, dan rumah di Kecamatan Dumai Kota. Terutama saat cuaca di Riau diguyur hujan.

Di jalan protokol Sultan Hasanuddin, Sultan Syarif Kasim, bahkan banjir rob merendam Jalan Cempedak, Jalan Jeruk serta sejumlah gang di jalan tersebut. Seperti Gang Kandis, Gang Apel dan Gang Sukun. Sejumlah rumah di jalan dan gang di Kelurahan Rimba Sekampung, juga langganan terendam pasang keling.

“Kami mengimbau kepada warga untuk waspada,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Dumai Adyan Bangga Pranata Harahap.

Dia mengatakan BPBD Dumai sudah berkoordinasi dengan PUPR Dumai, serta pemerintah kecamatan dan kelurahan, agar tetap waspada banjir rob ditambah potensi hujan lebat.

Diperkirakan beberapa hari ke depan banjir rob atau pasang keling akan melanda Dumai,

"karena memang kita dekat dengan laut, ditambah saat ini potensi hujan sangat tinggi, jadi harus diwaspadai bersama,” ungkapnya. 

(Mediacenter Riau/mlb)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.