BPBD Riau Kerahkan Heli Water Bombing Atasi Kebakaran Lahan di Rohul

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, bahwa pagi ini, Senin (8/8/2022) pihaknya mengerahkan satu helikopter Water Bombing untuk memadamkan kebakaran lahan di Rokan Hulu.

Diturunkannya water bombing tersebut dikarenakan letak geografis kebakaran yang terjadi di lereng bukit.

"Ada satu titik api di Rokan IV Koto, posisinya di atas, jadi kita turunkan heli water bombing," kata Edy Afrizal kepada CAKAPLAH.com, Senin (8/8/2022).

Ia mengatakan, kebakaran terjadi akibat masyarakat yang hendak membuka lahan. Namun saat ini cepat tertangani oleh BPBD.

"Sejauh ini satu titik di Rohul, kita terus pantau dan terus kita ingatkan jangan bermain-main dengan api," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satelit mendeteksi 94 hotspot (titik panas) di Pulau Sumatra, Senin (8/8/2022). Hotspot tersebut tersebar di sembilan provinsi. Terbanyak berada di Riau.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, di provinsi Aceh terpantau ada 7 titik, Bengkulu 11 titik, Jambi 4 dan Lampung 9 titik.

"Sementara di Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung masing-masing terdapat 9 titik. Dan di Sumatera Utara 14 titik serta Riau 22 titik," ujar Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Yudhistira.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hotspot di Riau tersebar di empat kabupaten. Terbanyak berada di Rokan Hulu yakni 15 titik. Sisasanya terdapat Rokan Hilir satu titik, Kampar dan pelalawan masing-masing tiga titik.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.