Berkas Usulan Bantuan Lengkap, Riau Tunggu Pengiriman Helikopter Water Boombing

 

PEKANBARU- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sudah melengkapi berkas pengajuan bantuan helikopter untuk penangangan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Saat ini, pihak BPBD Riau tinggal menunggu bantuan tersebut dikirimkan.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan, untuk penangangan Karhutla di Riau, pihaknya mengajukan bantuan berupa helikopter untuk water boombing, yakni untuk menjangkau lokasi Karhutla yang tidak bisa dijangkau akses darat. Kemudian juga helikopter untuk patroli.

"Berkas dan syarat-syarat yang diperlukan sudah kami lengkapi semua. Saat ini kami tinggal menunggu bantuan berupa helikopter tersebut dikirimkan," kata Edy Afrizal, Rabu (6/4/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, selain helikopter untuk keperluan patroli dan water boombing. Pihaknya juga mengajukan bantuan untuk teknologi modifikasi cuaca atau TMC.

"TMC juga kami minta, segala upaya untuk pencegahan dan penanganan Karhutla kami lakukan untuk menjaga agar Karhutla tidak meluas di Riau," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengatakan bahwa saat ini dibeberapa daerah di Riau masih terjadi Karhutla. Seperti di Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar, namun Karhutla tersebut masih bisa diatasi oleh Satgas darat.

"Di Rokan Hulu dan Kampar masih ada Karhutla, tapi masih bisa diatasi. Hujan yang turun meskipun tidak deras juga membantu tim dilapangan," sebutnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.