Bergerak dari Riau, Truk Bantuan Kemanusiaan Menuju Sumatera Barat

Dompet Dhuafa Riau, sebagai salah satu lembaga kemanusiaan terus berkomitmen untuk aktif dalam misi-misi kemanusiaan, baik bencana alam maupun peristiwa lainnya.

Saat ini, Provinsi Sumatera Barat tengah mengalami musibah banjir bandang (Galodo) yang terjadi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab, Dompet Dhuafa Riau menginisiasi pengiriman bantuan bagi masyarakat Sumatera Barat melalui misi Truk Kemanusiaan.

Bertempat di halaman kantor BPBD Provinsi Riau, pelepasan Truk Kemanusiaan ini dilakukan secara simbolis pada Rabu (22/5/2024) lalu.

Bantuan ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan di Riau, termasuk masyarakat, komunitas, organisasi, lembaga, dan instansi.

Total ada 19 komunitas dan lembaga yang turut bergabung, antara lain komunitas Berbagi Berkah Tabungan Jannah, Dema Fekonsos UIN Suska Riau, Ilmu Pemerintahan UNRI, Home Cleaning Uda Boy, Pemuda Rumbai, Komahi UNRI, HMPS D3 Akuntansi UIN Suska Riau, SCEI UIN Suska Riau.

Kemudian, BKIM FEB UNRI, HIMMARI STEI Mahaputra Riau, HMPS IAT UIN Suska Riau, HMJ Ilmu Ekonomi UNRI, HMPS Pendidikan Bahasa Inggris UIN Suska Riau, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Seberida, S1 Manajemen UIN Suska Riau, Arvin Adventure, DDV Riau, MHC Dumai, Laznas PHR, serta RA & MA Ash-Shobirin Tapung.

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau, Hendi Mardika, menjelaskan tentang misi kemanusiaan ini.

"Bantuan ini adalah bentuk konkret kepedulian dari kita, masyarakat Riau. Kami mengirimkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan lainnya langsung dari Riau agar ekonomi masyarakat di Riau juga terbantu dengan berbelanja di toko ritelnya," ujar Hendi.

Bantuan ini berupa kebutuhan pokok, hygiene kits, dan juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, sesuai informasi dari relawan yang ada di lokasi posko bencana.

Zulkifli Syukur selaku Asisten 1 Sekda Provinsi Riau menyampaikan apresiasinya kepada Dompet Dhuafa Riau serta semua pihak yang terlibat.

"Kami, pemerintah provinsi Riau sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dompet Dhuafa Riau serta semua pihak yang terlibat. Kita berharap bantuan dari masyarakat Riau ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," ujar Zulkifli.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.